Cara Merawat Baterai Smartphone

29 Nov by admin

Cara Merawat Baterai Smartphone

 

Smartphone sekarang rata-rata dibekali dengan layar luas, prosesor cepat dan dukungan RAM besar untuk kemampuan multitasking yang tinggi. Akibatnya, kecenderungan menggunakan smartphone secara berlebihan pun semakin besar. Merawat Baterai Smartphone sangat diperlukan apabila kita menggunakan banyak aplikasi.

 

Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan ini bisa membuat kecanduan smartphone, serta umur baterai menjadi pendek. Kali ini Jaka berikan kamu 10 cara untuk memperpanjang umur baterai kamu.

 

Cara Menghemat dan Memperpanjang Umur Baterai Smartphone

Kesel kan baru juga pakai 3 bulan, baterai Smartphone kamu udah harus ganti? Guna memperpanjang umur penggunaan baterai smartphone, kamu bisa melakukan cara-cara berikut.

  • Hindari Mode Getar

Mode getar memudahkan kamu untuk tetap mendapatkan notifikasi tanpa berisik. Tapi hal ini justru membutuhkan daya besar untuk menggetarkan Mode Vibrator yang ada sehingga baterai harus bekerja lebih.

 

Untuk menghemat baterai smartphone dan menjaga agar baterai tidak cepat rusak, sebaiknya gunakan Mode Silent saat meeting.

 

  • Jangan Biarkan Smartphone Overheat

Smartphone akan overheat jika digunakan terus menerus. Agar tidak overheat, coba gunakan smartphone dengan bijak, seperti menggunakan kamera hanya saat perlu, dan mematikan aplikasi dari background.

 

  • Hindari Permukaan Panas

Selain membuat kecerahan layar berkurang, panas sinar matahari langsung akan membuat permukaan smartphone jadi overheat. Panas dari luar yang bertemu dengan panas permukaan baterai akan berisiko membuat baterai smartphone jadi cepat kembung dan mudah drain.

 

  • Jangan Charge Baterai Semalaman

Meski banyak smartphone sudah dibekali fitur auto cut-off saat baterai telah penuh, tapi sangat tidak disarankan untuk mengisi ulang baterai smartphone semalaman. Hal ini akan memicu overheat pada permukaan smartphone, dan membuat baterai smartphone kamu cepat rusak.

Agar umur baterai smartphone kamu lebih panjang, sebaiknya lakukan isi ulang baterai smartphone saat baterainya tinggal 30% dan cabut saat terisi sekitar 80%. Ini bertujuan untuk menjaga siklus baterai smartphone kamu.

 

  • Aktifkan Baterai Saver

Sejak Android Lollipop 5.0, smartphone Android sudah dibekali fitur Battery Saver. Dengan mengaktifkan fitur ini, saat baterai smartphone kamu dalam keadaan low-batt, maka sistem akan otomatis mengurangi performa CPU-nya.

Jika smartphone kamu tetap dalam keadaan full performance saat smartphone kamu low-batt, hal itu akan memicu menurunnya kualitas dan umur smartphone kamu sendiri.

 

Sekian tips untuk merawat baterai, jangan lupa kunjungi link di bawah ini:

 

BliBli.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *